Cara [Lengkap] Menjaga Kesehatan di depan Komputer + bantuan Aplikasi

 Cara [Lengkap] Menjaga Kesehatan di depan Komputer + bantuan Aplikasi

15:24

"cara [Lengkap] menjaga kesehatan mata di depan komputer bagi pengguna yang menggunakan komputer secara rutin."
Bagi Pengguna (pemakai) Komputer rutin, hal yang paling banyak di takuti/kawhatirkan saat menggunakan Komputer adalah efek samping jangka panjangnya bila berjam-jam kita menggunakan komputer, dan hal yang sangat rentan adalah mengalami masalah di bagian mata, punggung dan tangan akibat terlalu lama berada di depan komputer.

Pengguna aktif komputer setiap tahun pasti akan mengalami peningkatan, begitupun berbanding lurus dengan jumlah penderita minus yang salah satunya diakibatkan oleh komputer apalagi posisi saat menggunakan komputer yang salah, para blogger profesional atau para pekerja kantor biasanya bekerja di depan komputer sampai 8 jam perhari.

Jika kita bandingkan pasti berbedan rasanya pada saat menggunakan komputer 1 jam dengan 3 jam, ini karena komputer yang kita pakai mengandung radiasi,namun radiasi ini dapat kita kecilkan dampaknya dengan menjauhkan mata dengan monitor 50-100 cm
Dapat diketahui bahwa dalam menggunakan komputer kita harus mempunyai aturan aturan yang sudah di tetapkan seperti: mata harus tidak terlalu dekat dengan komputer, jangan terlalu bungkuk, alihkan pandangan setiap 15 menit dan jika dilanggar maka akan berdampak penyakit-penyakit seperti minus,kepala sering pusing,badan lemas karena kurang olahraga, perut buncit dll :

[A] Menjaga Kesehatan Mata dengan Setting, Alat Komputer, Gadget

1) Kurangi Kecerahan Monitor [Brightness]
Sudah saya Jelaskan tadi bahwa monitor Laptop, Komputer, tablet, handphone semua memiliki radiasi namun di bandingkan dengaan perangkat layar yang besar, handphone biasa cenderung tidak begitu memberikan efek yang berarti,

meskipun begitu bagi pengguna handphone hal ini tidak perlu di remehkan, karena semua akan beresiko jika terus di abaikan.
Baca: 8 Cara [Lengkap] mengatasi brightness tidak berfungsi di windows 10 ,8.1, 8 , dan 7 

secara pribadi saya lebih suka kecerahan 10-30% saja karena ini akan membuat mata kita tidak terlalu lelah, monitor yang terlalu cerah akan membawa dampak seperti mata mudah lelah, selain itu kepala akan ikut pusing dan membuat daya tahan tubuh menjadi gampang drop.

2) Instal Aplikasi /SoftwereTambahan [ Gratis ]
Aplikasi tambahan yang saya maksud adalah aplikasi yang dapat mengurangi efek negatif/bahaya yang ditimbulkan oleh monitor komputer/gadget.

aplikasi ini diantaranya sudah pernah saya coba dan efeknya lumayan menurut saya dan sampai saat ini saya masih menggunakaan softwere ini untuk mengurangi dampak radiasi yang di akibatkan oleh monitor baik laptop maupun gadget.

-) F.Lux: Kinerja softwere ini adalah menyesuaikan warna layar berdasarkan wakturnya, jika malam hari maka warna akan berubah menjadi orange namun jika pagi,siang,sore warna akan sedikit kebiru-biruan tentunya dengan efek yang berbedan berdasarkan waktunya.

sesudah menginstal softwere ini,buka softwerenya lalu setting lokasinya berdasarkan tempat tinggal anda supaya cocok dengan waktu pada saat terbit maupun terbenam di lokasi anda, karena secara default lokasi di tentukan oleh ip terakhir anda saat mendownload softwere ini.

jadi kalau kamu sering sering main game di komputer ,laptop, gadget softwere ini wajib kamu instal karena bisa di bilang softwere merupakan Softwere no 1 untuk masalah mengatasi dampak layar komputer bagi mata kamu, namun jika ada perangkat kamu tidak mendukung softwere di bawah bisa dijadikan alternatif

kabar baiknya softwere ini juga tersedia untuk os x, windows, Linux, ios.

-) Twilight : Hampir serupa dengan F.lux kelebihan aplikasi ini tersedia untuk android, jadi bisa dijadikan alternatif pastinya, sudah dilengkapi dilengkapi fiktur lokasi.

-)Velis Auto brightness (Android)

-)Backlight ! Widget (Android)

-)Easy Eyes (Android)

Itulah Software / aplikasi  free yang di gunakan untuk mengurangin bahaya/dampak negatif radiasi cahaya yang ditimbulkan oleh monitor Baik Komputer,Laptop,gadget dan perangkat lainnya.
Tidak ada salahnya untuk mencoba apalagi Softwere/Aplikasinya Gratis..

3) Gunakan Filter Glass Monitor
Berfungsi untuk mengurangi radiasi pancaran monitor dengan mengurangi cahaya yang masuk, anda juga dapat menggunakan kacamata terapi, ini akan membuat mata anda nyaman untuk browsing maupun streaming berjam-jam

Tetapi anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam karena di harganya cukup mahal kalau cek di toko online, mungkin karena fungsinya yang sangat-sangat membantu bagi kesehatan mata para pekerja kantor/ hal-hal yang berhubungan dengan komputer

4) Gunakan Night Reading Mode [Pada Browser]
Menggunakan Night Reading Mode alias Mode malam baca, ini merupakan ektensi yang wajib digunakan bagi yang merasa tidak nyaman saat membaca di malam hari menggunakan komputer, Laptop, gadget.

jujur Ektensi ini menurut saya sangat berguna karena sangat nyaman saat browsing membaca artikel sampai berjam-jam pun mata saya tidak merasa lelah, saya sangat menyukai ektensi ini dan patut anda coba, jadi tak perlu pakai kacamata Hitam / Khusus saat membaca artikel di malam hari.

Night Reade Mode tentunya sudah tersedia di semua browser seperti Chrome, Mozilla,dan Opera dengan mengetik "night reading mode Mozilla" misalnya.

5) Gunakan Themes Blue Dhark/ Tema Hitam lainya [ Pada browser]
Tema ini cocok ketika di gabungkan menggunakan Ektensi diatas, akan terasa complete sebagai pelengkap untuk duo perlindungan ekstra bagi mata ketika membaca banyak artikel di malam hari jadi kamu tidak perlu khawatir untuk masalah ini.
Bukan hanya di Mozilla firefox sebenarnya di google chrome sama opera juga ada cuman anda harus gencar mencarinya.

6) Perbesar Font Komputer anda
Pernah anda membaca artikel yang Font nya sangat-sangat kecil? Pasti terasa jengkel apalagi apalagi yang membaca adalah orang-orang yang umurnya dapat di katakan sudah relatif tua pasti ini sangat menyakitkan bukan, nah untuk itu bagi para blogger jangan gunakan font yang kecil ya! kasian Om Om nya,

Mending Size tulisan seperti artikel ini yang pas tidak kebesaran atau kekecilan cukup nyaman untuk mata anda kHan ??? kalau tidak nyaman comen deh apanya yang tidak nyaman, [Just Info] Font yang ideal untuk Microsoft Word adalah 12 ke atas.

[B ] Menjaga Kesehatan di depan Komputer dengan Memperhatikan hal-hal Kecil

1) Istrihatkan Mata Setiap saat [ Berkedip 18 kali / menit] 
Ketika Menggunakan Komputer dengan lumayan lama sampai berjam-jam mata akan terasa kering dan maka dari itu kita harus menginstirahatkan mata untuk sejenak seperti melihat benda jarak jauh mengedip-ngedipkan mata, Memejamkan mata sejenak, pergi ke Toilet untuk cuci muka hal ini akan

membuat anda akan kembali segar untuk melanjutkan perkerjaan kembali, mengalihkan pandangan anda ini akan membuat anda nyaman berlama-lama di komputer.

2) Mengatur Jarak Aman Mata anda dengan Monitor
Mengatur Jarak aman ini sangat penting, Secara normal jarak pandang monitor dengan mata paling aman yaitu antara 50-100 cm, menggunakan komputer terlalu dekat dengan monitor

akan hanya membuat mata anda sakit dan kepala anda sakit juga karena terkena radiasi yang cukup dekat sehingga posisi paling ideal untuk duduk anda yang tegak.


3) Perhatikan Cahaya Ruangan
Cahaya ruangan anda Gelap? anda memakai Komputer di ruangan yang Gelap+lama Bahaya...
ini sangat merusak mata anda jangan biasakan karena anda bisa saja kehilangan indra pengelihatan anda gara-gara menggunakan

komputer atau semua perangkat yang mempunyai ukuran layar yang relatif besar di ruangan gelap kalau hp layar kecil efeknya masih bisa di abaikan,

Menurut para ahli menggunakan komputer/laptop di ruangan gelap akan mengakibatkan permasalahan mata seperti minus dan silinder, tidak hanya itu mata anda akan terasa kering karena berhadapan langsung dengan radiasi

maka dari itu sayangilah mata anda jangan dulu memakai laptop di saat padam listrik untuk waktu yang lama atau bisa pakai aplikasi di atas untuk membantu mengurangi dampaknya

4) Gunakan Kacamata Khusus [ Anti Radiasi ]
Kacamata Komputer khusus mungkin perlu untuk anda yang bekerja menggunakan komputer yang sampai lebih dati 8 jam agar untuk meminimalisir dampak yang dirasakan bagi mata apalagi mata berpaparan dengan monitor komputer tidak dalam hitungan menit maka sudah perlunya dibutuhkan kaca Khusus untuk masalah ini.

Dengan Fiktur Anti radiasi ini, akan membuat perlindungan yang sudah lumayan berdasarkan kebutuhan anda yang setiap jam selalu berhadapan dengan layar komputer, namun kacamata ini lumayan mahal, anda harus pintar-pintar mengelola uang tentunya, he he

5) Posisi Duduk Tubuh
Ingat berapa jam anda duduk di depan komputer ? 1 jam /3jam atau lebih, jangan lewati juga ini karena hampir semua orang bisa duduk tetapi cara duduk  yang baik cuma bebera yang bisa membiasakannya.

a) Posisi paha sejajar atau horizontal dengan lantai
b) Telapak kali menampak ke lantai
c)Bantalan pada kursi sebaiknya menopang punggung kamu bagian bawah sehingga punggung dapat tegak
d)Jangan menggunakan posisi duduk yang sama pada saat bekerja lama (berjam-jam) ubahlah sesekali
e) Ingat Jangan membungkuk, nikmati, dan rileks saja.
f) Posisi Kepala Tegak, tidak terlalu condong ke layar monitor


6) Atur Posisi Monitor
a)Atur jarak monitor ke mata[ jarak mata dengan komputer yang baik adalah 50-100 centimeter]
b) Atur posisi monitor sehingga bagian atasnya tepat sejajar atau di bagian bawah garis mata anda ini mencegah anda untuk mendongak mengengok ke monitor
c) Sesuaikan tingkat kecerahan dan ketajaman monitor yang dirasa cukup nyaman
d) Atur monitor agar tidak tepat memantulkan cahaya yang membuat mata anda lelah karena terkena pantulan ini, misalnya pantulan cahaya/ lampu di dalam ruangan anda.

7) Atur Posisi Meja komputer
a) Posisikan keyboard di tempat yang nyaman untuk anda
b) Saat menggunakan keyboard usahakan posisinya membentuk sudut antara lengan dengan posisi keyboard pada meja
c) Usahakan Mouse sejajar dengan keyboard agar pergelangan tangan anda bisa untuk rileks, lurus dan memudahkan anda untuk menjangkaunya.
d) saat sedang mengetik pergelangan tangan anda usahakan tidak mengalami perubahan posisi dan hanya menggunakan jari-jari saja saat menjangkau tombol keyboard.

8) Konsumsi Buah dan Sayuran
Makanan pun sangat berpengaruh terhadap anda, makanan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin a adalah wortel, bayam,tomat, pepaya, pisang, mangga dan masih banyak lagi
buah dan sayur yang segar dapat membuat kamu fit untuk menjalanani aktivitas di komputer tentunya.

9) Penuhi Kebutuhan Air [ 6-8 Gelas /hari ]
Apakah anda kurang percaya bahwa air itu memiliki banyak sekali mamfaat? air itu sangat penting bagi setiap orang dimanapun kapanpun

Sekitar 60- 70% tubuh kita adalah cairan, cairan ini kita dapatkan karena mengonsumsi air putih Biasakan meminum air 6-8 Gelas/hari, karena banyak mamfaat yang kita peroleh yaitu sebagai berikut :

1) Menghilangkan Dehidrasi / Haus  : Rasa haus dapat kita obati dengan minum air, mungkin anda dapat menggantinya dengan Es / minuman lainnya tetapi tetap saja semua minuman itu mengandung air bukan.

2) Menjaga keseimbangan Cairan dalam tubuh : Minum air dapat mempertahankan keseimbangan cairan tubuh yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh dan membantu mencerna makanan, dan masih banyak lagi

3) Mengkontrol kalori dan Menurunkan berat badan : Para penelitian menujukan bahwa terdapat hubungan meminum air putih dengan penurunan berat badan apa penyebabnya ? Contohnya Ketika kita ingin makan coba lakukan minum air sebelum makan, maka anda akan merasa lebih kenyang dan pasti hanya ingin sedikit makan

4) Meningkatkan Energi :Apa yang terjadi ketika anda tidak mengonsumsi air secara cukup ? pasti anda akan merasa lelah bukan , tubuh yang kekurangan cairan pasti akan terasa lelah ini karena otot kekurangan air sehingga tidak akan berkerja secara optimal.

5) Membantu mengeluarkan Racun : Apa yang anda lakukan jika anda menelan racun / Deterjen secara tidak sengaja, ketika membaca penjelasan di dalam Shampo / sabun pasti anda dianjurkan untuk meminum air sebanyak -banyaknya

ini karena sifat air yang akan membuang racun di dalam tubuh lewat keringat ataupun air kecil, air putih dapat membantu membuang/ mengeluarkan cairan air keringat.

6) Membuat kulit halus dan Cerah; Minum air Putih 6-8 gelas setiap harinya membantu membuat kulit anda cerah karena racun di dalam tubuh sudah hilang, racun di dalam tubuh yang memiliki efek yang menyebabkan kulit meradang, meyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat

Dapat di tangani dengan konsisten minum air 6-8 gelas per harinya, ini karena mengonsumsi air dapat meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat secara lancar yang pada akhirnya membuat kulit anda halus dan cerah

7) Menjaga fungsi ginjal :Perlu kita ketahui bahwa ginjal memperoses 200 liter darah setiap harinya menyaring keluar limbah dan mengangkut urine ke kandung kemih, tetapi ginjal butuh cairan untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, untuk itu air putih adalah kunci utamanya dan jika ginjal kekurangan cairan maka akan terkena batu ginjal.

8) Meningkatkan Produktifitas : Apakah anda sering melihat para atlet membawa minum berupa air putih ketika sebelum bertanding? ini karena air sangat dipercaya untuk meningkatkan kosentrasi para atlet , makanya minum air putih itu penting sebelum bekerja, kalau tidak bakal seperti iklan AQUA lagi he he

9) Mencegah Penuaan Dini: Sudah menjadi Rahasia yang umum bagi kita bahwa air putih dapat mencegah penuaan dini. Minum air putih yang banyak bukan hanya mengeluarkan racun bagi tubuh tetapi karena itu kulit menjadi lebih kencang dan kita tampak lebih muda, jangan mengaku jadi orang sehat tanpa minum air putih secara teratur,

jangan lupa biasakan minum air putih 2 gelas sesudah bangun tidur di pagi hari karena, itu adalah langkah praktis buat hidup sehat tanpa mengeluarkan biaya + waktu yang berarti.

10) Mengembalika Mood :Anda tidak mood buat bekerja? coba perbanyak minum air putih, ini akan sedikit membantu untuk anda yang pikirannya lagi sembraut [Stress] atau lagi tidak semangat bekerja

11) Meningkatkan Fungsi Otak : Sangat Jelas ini akan meningkatkan fungsi otak anda, apalagi kalau kita sering melihat di TV iklan Aqua, yang ngerti pasti tau bahwa Otak membutuhkan air untuk berkosentrasi, saat kita bisa Fokus [berkosentrasi] saat itulah fungsi otak anda membaik / meningkat

12) Mencegah + Obat Demam ; Anda pernah demam ? dari pengalaman saya sendiri jika saya demam sangat jarang pergi ke dokter, yang saya lakukan meminum air putih yang banyak secara rutin
setiap jam usakan meminum air putih beberapa gelas, hal ini menyebabkan kita banyak buang air kecil dan membuat kita sembuh [ karena Cairan lama /panas telah tertimpa oleh cairan baru yang masih segar]

13) Melawan beberapa Penyakit : kalau penyakit - penyakit sedang ke bawah seperti sakit tenggorokan, panas dalam, sariawan meminum banyak air seperti ini akan membantu melawan penyakit tersebut serta membentuk daya tahan tubuh yang kuat.

14) Meningkatkan Sistem peredaran darah : Air dapat membantu meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh mengonsumsi air dapat membantu dalam proses transportasi di dalam tubuh

15) Pertolongan pertama Sakit kepala dan Migrain : Jika anda mengalamai sakit kepala atau migrain, pertolangan pertama yang harus dilakukan adalah dengan meminum air, hal ini karena sakit kepala atau migrain sering di sebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Dalam Study yang dipublikasikan oleh European Journal Of Neurology, Peneliti mengungkapkan bahwa peningkatan asupan air sangat membantu mengurangi jumlah dan insensitas sakit kepala dalam peserta penelitiannya.


Diluar dalam cara cara tersebut adakalanya kita membiasakan olahraga untuk menjaga Kesehatan dan konsentrasi kita di depan komputer,

Olahraga Paling tidak 2 kali dalam Seminggu akan membantu anda fit serta mengurangi kejenuhan maupun rasa lelah di depan komputer setiap hari, adapun olahraga paling praktis adalah dengan jalan santai bersama teman atau keluarga

Kesimpulan
adapun cara-cara di atas memang secara langsung maupun tidak langsung bertumpu pada Cara menjaga Kesehatan mata di depan Komputer, Cara-cara di atas memang tidak harus semuanya kita lakukan melainkan secara kebutuhan kita masing-masing
adapun ketika kita ingin merasa nyaman baik di komputer maupun tidak, menjaga kesehatan memang di perlukan untuk membangun kenyaman tersebut dan apabila kita kurang sehat maka kenyamanan ini akan terwujud
maka dari itu menjaga kesehatan secara tidak langsung turut ikut dalam membangun kenyamanan ketika berada di depan komputer,
Sumber terbaik:

https://yasehat.blogspot.com/2013/12/10-cara-menjaga-kesehatan-mata-di-depan.html
http://disehat.com/menjaga-kesehatan-mata-di-depan-komputer/
http://www.nyamukkurus.com/2015/05/tips-dan-cara-mencegah-mata-rusak.html
http://www.ican-education.com/articles/view/cara_menjaga_kesehatan_mata_di_depan_komputer
http://jateng.tribunnews.com/2015/07/30/ini-bahaya-memakai-komputer-di-tempat-gelap
https://hamidah-21.blogspot.com/2013/04/sikap-duduk-yang-benar-saat-berada-di.html
http://manfaat.co.id/manfaat-air-putih

[Baik itulah cara [Lengkap] menjaga kesehatan mata di depan komputer bagi pengguna yang menggunakan komputer secara rutin.]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara [Lengkap] Menjaga Kesehatan di depan Komputer + bantuan Aplikasi

0 comments:

Post a Comment